Minggu, 25 Februari 2024

Rambut Kering Emang Bikin Enggak Pede, Ini Trik Mengatasinya

Zulkifli Fahmi
Senin, 31 Juli 2023 18:43:00
Ilustrasi rambut kering. (Pixabay)

Murianews, Kudus – Rambut kering dan mengembang memang bikin enggak pede (percaya diri), terutama pada perempuan. Sebab, rambut adalah mahkota bagi perempuan yang menunjukkan kecantikan dan keanggunan.

Rambut kering biasanya diakibatkan kulit kepala yang tak lagi dapat memproduksi minyak secara alami. Ada beberapa faktor yang juga dapat membuat rambut kering.

Kebiasaan mengeringkan rambut menggunakan blow hingga terlalu sering membiarkan rambut terpapar sinar matahari, angin, dan udara yang kering tanpa perlindungan yang cukup juga jadi faktor penyebabnya.

Lalu, bagaimana cara mengatasi rambut kering ini? Berikut lima tips untuk mengatasi rambut kering yang dilansir pada laman Healthline.com, WebMD.com, dan aad.org;

1. Jangan Terlalu Sering Mencuci Rambut

Mencuci rambut yang disarankan hanya dua atau tiga kali seminggu. Ini agar rambutmu tetap terjaga kelembapannya dan terhindar dari kerusakan.

2. Pilih Shampo Berbahan dasar Ringan

Bahan dasar shampoo seperti deterjen, sulfat, serta alkohol akan membuat rambut kehilangan kelembapannya. Maka dari itu, pilihlah shampo yang berbahan dasar ringan.

Contohnya minyak esensial dan air bunga yang diformulasikan khusus untuk mengatasi rambut kering dan mengembang. Selain melembutkan, rambut juga akan terasa lebih harum dan segar.

3. Gunakan Kondisioner

Salah satu cara untuk menjaga kelembapan rambut yakni dengan menggunakan kondisioner. Penggunaan yang disarankan yakni, setelah kamu keramas.

Agar lebih maksimal hasilnya, pilihlah kondisioner yang memiliki kandungan biotin, keratin, serta kolagen. Ketiga bahan tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda.

4. Batasi Penggunaan Alat Styling Rambut

Berbagai macam alat styling rambut seperti catokan, pengering, serta pengeriting rambut justru meningkatkan risiko rambut kering dan mengembang. Untuk itu, Anda perlu membatasi penggunaannya agar kesehatan rambut dapat terjaga secara optimal.

5. Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang

Mengonsumsi makanan bergizi seimbang akan membantu memperbaiki kerusakan rambut dari dalam. Pasalnya, rambut membutuhkan berbagai jenis zat gizi dalam proses pertumbuhannya. Contoh zat gizi tersebut yakni protein, zinc, magnesium, selenium, serta vitamin A dan E.

Komentar