Minggu, 25 Februari 2024

Simak! Ini Cara Bersihkan Talenan Daging dari Lemak Hingga Jamur

Supriyadi
Sabtu, 1 Juli 2023 22:45:22
Talenan. (Detik.com)
Murianews, Kudus – Memasak daging tentu tak lepas dari talenan. Apalagi saat momen Iduladha seperti ini. Namun, pernahkan Anda kesulitan membersihkan talenan usai mengiris atau memotong daging? Kalau pernah jangan khawatir. Ini lantaran ada cara simpel untuk memberishkan noda daging mulai dari lemak hingga jamur yang ditimbulkan. Bagaimana caranya?
  1. Pakai larutan sabun cuci piring
Buat larutan sabun cuci piring cair dan air hangat dalam wadah kecil, lalu gosok permukaan kayu dengan spons yang dicelupkan ke dalam larutan. Gunakan gerakan melingkar kecil dan hindari menjenuhkan kayu dengan memberikannya terlalu banyak air. Setelah itu, bilas talenan kayu daging dengan air hangat yang bersih dan gosok permukaan dengan spatula logam yang dipegang pada sudut 45 derajat. Gunakan spatula panjang untuk menghilangkan kelembapan dan baketri sebanyak mungkin. Kemudian, lap hingga kering talenan kayu dengan handuk penyerap serta biarkan talenan kayu mengering dengan sendirinya. Hal ini mungkin akan memakan waktu selama beberapa jam, tergantung pada persentase kelembapan dan suhu udara.
  1. Gunkan Klorin
Setelah dibersihkan, untuk mencegah bakteri dan jamur berkembang biak, campurkan dua sendok teh pemutih klorin dengan dua liter air hangat ke dalam ember kecil guna mendisinfeksi dan membersihkan talenan kayu. Selanjutnya, celupkan sikat gosok ke dalam campuran, lalu gosok permukaan dengan lembut secara melingkar. Diamkan larutan menempel pada talenan kayu selama 15 menit sebelum dibersihkan dengan lap basah yang bersih dan biarkan mengering sendiri.  

Baca Juga

Komentar