Minggu, 25 Februari 2024

Jenis-Jenis Hijab yang Perlu Dimiliki Para Wanita

Murianews
Senin, 18 September 2023 09:31:00
Ilustrasi: Tiga wanita berhijab. (Freepik)

Murianews – Hijab, selain menjadi bagian penting dari identitas keagamaan, juga merupakan elemen mode yang semakin populer di kalangan wanita. Wanita Muslim modern kini memiliki banyak pilihan dalam hal jenis dan gaya hijab.

Meski begitu, Anda para wanita tak perlu khawatir jika ingin mendapatkan hijab murah. Anda bisa temukan beragam model hijab dengan harga yang terjangkau lewat aplikasi Blibli.

Dalam artikel ini, akan diulas beberapa jenis hijab yang perlu dimiliki oleh para wanita Muslim, karena setiap hijab memiliki peran dan kegunaannya yang berbeda dalam berbagai situasi.

1. Hijab Segi Empat

Hijab segi empat adalah salah satu jenis hijab yang paling umum dan serbaguna. Ini adalah sebidang kain persegi panjang yang biasanya terbuat dari bahan ringan seperti katun atau chiffon.

Hijab segi empat dapat dilipat menjadi segitiga dan dikenakan dengan cara melilitkan di sekitar kepala dan mengikatnya di bawah dagu atau di belakang leher. Ini adalah hijab yang nyaman untuk sehari-hari dan sangat cocok untuk kegiatan yang aktif.

2. Khimar

Khimar adalah hijab yang lebih panjang, menutupi seluruh tubuh dari kepala hingga kaki. Khimar sering kali dipakai untuk beribadah, seperti shalat, dan sangat populer di kalangan wanita yang ingin menjaga aurat mereka dengan lebih baik.

Khimar juga dapat dikenakan dalam gaya yang berbeda, dari yang longgar hingga yang lebih ketat, tergantung pada preferensi pribadi.

3. Hijab Instant (Instan)

Hijab instan adalah jenis hijab yang dirancang untuk kemudahan dan kenyamanan. Hijab ini biasanya sudah dijahit sedemikian rupa sehingga cukup dikenakan dengan cara menempelkannya ke kepala dan mengatur lipatan-lipatan yang sesuai.

Ini sangat cocok untuk wanita yang sibuk atau yang baru memulai mengenakan hijab, karena tidak memerlukan banyak waktu atau keterampilan dalam penggunaannya.

4. Ciput

Ciput adalah bahan penutup kepala yang biasanya dikenakan di bawah hijab. Ini membantu menjaga hijab tetap aman di kepala dan mencegahnya bergeser.

Ciput juga memberikan lapisan tambahan bagi mereka yang ingin menjaga rambut mereka lebih tertutup. Ciput tersedia dalam berbagai warna sehingga dapat dipadukan dengan hijab Anda.

5. Ninja Inner Hijab

Ninja inner hijab adalah variasi dari ciput yang lebih modern. Ini memiliki desain yang lebih tertutup, menutupi leher dan dada dengan lebih baik. Ninja inner hijab memberikan tampilan yang lebih rapi dan minimalis, dan sering digunakan oleh wanita yang ingin tampil simple dan elegan.

6. Hijab Pashmina

Hijab pashmina adalah jenis hijab yang terbuat dari bahan yang lebih lebar dan panjang. Ini memungkinkan Anda untuk berkreasi dengan berbagai gaya penggunaan, seperti dikenakan dengan lilitan ekstra, dibentuk menjadi kerudung, atau digunakan sebagai syal.

Pashmina sering dipilih untuk acara-acara formal atau tampilan yang lebih modis.

7. Turban Hijab

Turban hijab adalah hijab yang terinspirasi oleh gaya berkerudung tradisional. Ini melibatkan pembentukan hijab menjadi bentuk turban yang berkelas. Turban hijab memberikan tampilan yang unik dan sangat populer dalam dunia mode saat ini. Ini adalah pilihan yang bagus jika Anda ingin tampil berbeda dan elegan.

8. Hijab Sport

Bagi wanita yang aktif dalam olahraga, hijab sport adalah pilihan yang sangat baik. Hijab ini dirancang khusus untuk aktivitas fisik, terbuat dari bahan yang ringan dan tahan keringat. Mereka memberikan kenyamanan dan perlindungan selama berolahraga, tanpa mengganggu gerakan.

9. Hijab Cantik dan Berglitter

Hijab dengan desain cantik dan hiasan glitter atau payet cocok untuk acara-acara khusus atau perayaan. Hijab seperti ini dapat memberikan sentuhan mewah pada penampilan Anda dan sering digunakan dalam pernikahan, acara malam, atau acara-acara penting lainnya.

10. Hijab Segitiga

Hijab segitiga adalah jenis hijab yang sangat nyaman dan serbaguna. Ini terbuat dari segitiga kain dengan tali yang panjang di setiap ujungnya. Anda dapat mengenakannya dengan cara melilitkan kain di sekitar kepala dan mengikat tali di belakang leher.

Hijab segitiga sering digunakan dalam sehari-hari karena cara penggunaannya yang mudah dan efisien.

Terdapat banyak jenis hijab yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan gaya dan aktivitas Anda. Pemilihan hijab dapat berdasarkan kenyamanan, situasi, dan gaya pribadi Anda.

Penting untuk menjaga keragaman dalam koleksi hijab Anda sehingga Anda dapat tampil berbeda dan sesuai dengan suasana hati dan situasi. Dengan memiliki berbagai jenis hijab, Anda akan selalu siap untuk setiap kesempatan, dari yang formal hingga yang santai. (nad)

Komentar