Minggu, 25 Februari 2024

Ini Cara Pakai Moisturizer agar Bisa Glowing, Jangan Asal ya

Dani Agus
Senin, 13 November 2023 19:13:00
Foto: Ilustrasi membersihkan wajah (freepik.com)

Murianews, Kudus – Ada jenis produk yang digunakan dalam perawatan kulit dan kecantikan. Masing-masing produk ini punya kegunaan berbeda.

Untuk itu, penting mengetahui kegunaan produk perawatan kulit ini. Tujuannya biar tidak salah pakai yang malah bisa berdampak tidak baik bagi kesehatan kulit.

Di antara jenis produk kecantikan yang paling familiar adalah moisturizer. Produk ini berguna untuk melembapkan kulit.

Namun, cara pakai moisturizer tidak boleh sembarangan agar hasilnya lebih maksimal. Selain melembapkan, penggunaan pelembap yang tepat juga bisa menutrisi kulit dan memperkuat perlindungan kulit.

Apa Itu Moisturizer?

Melansir dari Halodoc, Senin (13/11/2023), moisturizer adalah produk yang dirancang untuk menghidrasi den melembapkan kulit dengan cara meningkatkan kadar air.

Produk tersebut biasanya juga mengandung zat berminyak yang berguna untuk menahan kadar air pada kulit, agar kelembapannya bisa bertahan lebih lama.

Perlu kamu ketahui bahwa kulit secara konsisten kehilangan kelembapannya. Kamu juga kehilangan minyak yang diproduksi secara alami oleh tubuh saat kamu mandi atau mencuci muka.

Itulah mengapa sangat penting untuk mengisi kembali tingkat kelembapan dan membangun pelindung kulit yang sehat dengan cara pakai moisturizer yang tepat.

Manfaat Moisturizer untuk Wajah

Bila kulit tidak mendapatkan kelembapan yang cukup, kulit bisa menjadi kering dan kasar. Kulit yang kering rentan berjerawat, terlihat kusam dan juga bisa mempercepat penuaan dini.

Nah, penggunaan moisturizer bermanfaat untuk membantu merehidrasi kulit, sehingga kulit tidak menjadi kering.

Selain melembapkan, manfaat moisturizer juga mampu memperkuat dan melindungi pelindung kulit dari iritasi.

Pelindung kulit adalah bagian terluar dari lapisan epidermis yang melindungi tubuh kamu dari gangguan lingkungan dan memungkinkan kulit mempertahankan kelembapan.

Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari kondisi peradangan kulit seperti dermatitis atopik. Pelembap mengurangi risiko kondisi peradangan kulit dan menambah struktur fundamental pada kulit, sehingga meningkatkan fungsi kulit.

Waktu Tepat Menggunakan Moisturizer

Moisturizer paling baik kamu gunakan setelah membersihkan wajah. Hal itu berarti kamu bisa menggunakan produk skincare tersebut dua kali sehari, yaitu pada pagi dan malam hari.

Dalam urutan skincare harian, gunakan pelembap setelah mengaplikasikan toner dan essence. Hal ini akan membuat produk tersebut meresap dengan baik ke dalam kulit dan melembapkan lebih lama.

Cara Pakai Moisturizer yang Tepat

Berikut langkah cara pakai moisturizer yang tepat untuk hasil yang maksimal:

1.Bersihkan wajah terlebih dahulu

Pertama-tama, sebelum menggunakan moisturizer, kamu perlu membersihkan wajah terlebih dahulu. Bila kamu menggunakan makeup, lakukanlah double cleansing agar wajah benar-benar bersih.

Gunakanlah pembersih wajah yang lembut untuk menghilangkan  keringat, kotoran, minyak, riasan, dan produk perawatan kulit yang tersisa dengan maksimal.

2.Gunakan produk skincare dari yang paling ringan

Setelah wajah sudah bersih, lanjutkan rutinitas perawatan kulit kamu dengan mengaplikasikan produk yang paling ringan terlebih dahulu.

Contohnya, kamu bisa mengaplikasikan toner untuk membersihkan sisa kotoran, lalu gunakan essence dan serum wajah, dan spot treatment bila kamu memiliki jerawat.

3.Gunakan moisturizer secukupnya

Setelah itu, baru gunakan moisturizer secukupnya pada wajah. Cara pakai moisturizer, yaitu ambillah sedikit produk dengan jari, lalu aplikasikan mulai dari dagu, dahi, dan pipi.

Ingat, jangan terlalu banyak menggunakannya, karena akan sulit untuk meratakannya.

4.Aplikasikan moisturizer dengan gerakan yang tepat

Cara pakai moisturizer adalah dengan mengoleskannya dari tengah dahi dengan gerakan memutar dan ke atas. Setelah dahi, lakukan cara yang sama pada bagian pipi dan hidung.

Aplikasikan pelembap dengan lembut agar bisa meresap dengan baik pada kulit wajah. Hindari menekan atau menggosok wajah terlalu kencang, karena bisa merusak lapisan kulit.

Berbeda dengan orang dewasa, kulit anak remaja masih sensitif dan rentan mengalami berbagai masalah kulit.

Kesalahan Umum Memakai Moisturizer

Sayangnya, masih banyak orang yang menggunakan pelembap dengan sembarangan atau asal saja. Hal ini bisa membuat produk tersebut tidak efektif, bahkan membuat wajah iritasi.

Karena itu, hindari kesalahan umum berikut dalam cara pakai moisturizer:

1.Mengaplikasikannya pada kulit kering

Pelembap bekerja paling baik pada kulit yang baru dibersihkan dan masih lembap.

Mengoleskan produk tersebut pada kulit kering akan membuatnya tidak bisa terserap dengan baik pada kulit, sehingga tidak bisa bekerja dengan efektif.

2.Kamu menggunakannya terlalu banyak atau terlalu sedikit

Kamu tentu berharap pelembap yang kamu gunakan bekerja dengan baik, sehingga bisa memberikan manfaat bagi kesehatan kulit kamu.

Namun, mengaplikasikannya terlalu banyak tidak akan memberikan hasil yang maksimal.

Alih-alih mendapatkan hidrasi dan kelembapan, menggunakan terlalu banyak pelembap akan membuatnya menumpuk dan menghasilkan residu tipis di kulit .

3.Mengoleskannya terlalu kencang

Cara pakai moisturizer dengan memijat wajah memang sering dilakukan untuk membantu penyerapan. Namun, hal ini perlu kamu lakukan secara perlahan dan hati-hati.

 

Pasalnya, bila terlalu kencang mengaplikasikan pelembap, kelenjar minyak pada kulit malah akan mengeluarkan sebum secara berlebihan.

Komentar