Minggu, 25 Februari 2024

Tak Perlu Beli, Ini Skincare Alami yang Bisa Dicoba di Rumah

Dani Agus
Sabtu, 30 September 2023 16:54:00
Ilustrasi bahan skincare alami. (freepik.com)

Murianews, Kudus – Hampir semua kaum hawa menginginkan penampilannya terlihat cantik dan menarik. Bahkan, demi bisa tampil cantik, tidak sedikit yang rela mengeluarkan banyak uang untuk mengikuti perawatan atau membeli produk kecantikan kulit atau skincare.

Namun, produk skincare ini juga bisa dibikin sendiri di rumah dengan bahan alami. Jadi, tak perlu beli dan bahan alami ini mudah didapat.

Skincare dari bahan alami ini makin diminati. Selain hemat kantong, skincare dari bahan alami dinilai lebih aman dan tidak menimbulkan efek samping serius.

Melansir dari Halodoc, Sabtu (30/9/2023), berikut ini bahan skincare alami yang dapat kamu gunakan:

1. Minyak kelapa murni untuk menenangkan kulit

Skincare alami menggunakan minyak kelapa telah lama ada. Minyak kelapa memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan mempercepat penyembuhan.

Hanya saja, penggunaan minyak kelapa pada wajah mungkin tidak cocok untuk semua jenis kulit. Terutama jika kami memiliki alergi kelapa, sebaiknya hindari penggunaannya. Jika bisa mengaplikasikannya tanpa mengakibatkan iritasi, maka kamu bisa menggunakannya dengan beberapa cara.

Berikut ini penggunaan minyak kelapa yang bisa kamu coba, yakni menghapus riasan, menenangkan kulit, melembapkan dan menyehatkan kulit.

Menurut penelitian yang terbit di PubMed, minyak kelapa merupakan pelembap yang baik. Cobalah untuk memijat sedikit minyak kelapa ke wajah. Kemudian biarkan meresap selama beberapa menit sebelum mencucinya dengan pembersih biasa.

2. Gel lidah buaya untuk memperkuat pelindung kulit

Skincare alami berikutnya yaitu gel lidah buaya. Lidah buaya telah lama terkenal karena khasiatnya, salah satunya untuk kulit. Tanaman herbal ini bekerja dengan merangsang pertumbuhan sel baru.

Selain itu, penggunaan gel lidah buaya dapat menenangkan dan melembapkan tanpa menyumbat pori-pori. Cara menggunakan gel lidah buaya yaitu mengoleskannya ke kulit wajah setelah mencuci muka. Kamu dapat mengoleskannya setiap hari untuk memperkuat pelindung kulit dan kulit jadi lebih bersinar sehat.

3. Madu untuk melembapkan kulit

Selanjutnya, kamu bisa menggunakan madu untuk melembapkan kulit. Bahan skincare alami ini bisa kamu aplikasikan sebagai rangkaian rutinitas perawatan kulit.

Cara menggunakannya:

Pijatkan madu murni ke seluruh wajah sebagai masker wajah.

Campurkan madu dengan beberapa tetes lemon, lalu oleskan ke kulit sebagai pelembap wajah.

Jika rutin menggunakannya, maka kamu akan mendapatkan kulit cerah dan bercahaya.

4. Susu mentah untuk membersihkan kulit wajah

Apakah kamu pernah mendengar perawatan mandi susu? Cara tersebut juga dapat kamu lakukan pada wajah. Membersihkan wajah dengan susu mentah dapat membersihkan kulit dan membuat kulit bebas noda dan cerah.

Cara menggunakan bahan skincare alami ini yaitu:

Rendam kapas dalam satu sendok makan susu mentah, lalu bersihkan wajah dengan itu.

Gunakan setiap hari sebagai rutinitas di pagi atau malam hari untuk menghilangkan polusi kotoran.

5. Yoghurt sebagai anti-aging.

Hampir sebagian besar orang ingin memperlambat penuaan dengan produk perawatan kulit. Yoghurt merupakan bahan skincare alami yang bersifat anti-aging.

Menggunakan yoghurt secara rutin dapat mengelupas sel kulit mati dan melembapkan kulit. Bahan alami ini juga bermanfaat untuk memudarkan noda hitam dan meningkatkan elastisitas kulit, sehingga wajah terlihat awet muda.

6. Pepaya untuk mengatasi jerawat

Skincare alami selanjutnya yaitu pepaya. Buah tropis ini bisa kamu buat menjadi masker yang ampuh untuk meredakan jerawat. Pepaya mengandung banyak vitamin dan senyawa aktif yang bermanfaat untuk kesehatan kulit. Selain untuk mengatasi jerawat, buah ini juga dapat mengurangi kerutan, serta memudarkan melasma atau bercak gelap.

Cara menggunakannya, haluskan buah pepaya dan oleskan ke seluruh wajah. Kemudian, biarkan selama 10 menit, sebelum membilasnya hingga bersih.

Komentar