Minggu, 25 Februari 2024

Ini Cara Mudah Menghilangkan Flek Hitam dengan Masker Bahan Alami

Dani Agus
Selasa, 22 Agustus 2023 07:47:00
Ilustrasi masker wajah alami (freepik.com)

Murianews, Kudus – Munculnya flek hitam pada wajah sering dialami banyak orang. Kondisi ini bagi sebagian orang, terutama para wanita, dirasakan sangat mengganggu dan bikin tidak percaya diri ketika tampil di hadapan publik.

Munculnya flek hitam ini hendaknya perlu diwaspadai. Pasalnya, pada beberapa kondisi, flek hitam ini bisa menjadi gejala atau pertanda penyakit kulit yang lebih serius.

Untuk itu, penting kiranya mengenali ciri-ciri, penyebab, dan cara menghilangkan flek hitam di wajah. Dengan demikian, adanya flek hitam pada wajah bisa diatasi lebih dini sehingga tidak menimbulkan masalah serius nantinya.

Melansir dari Halodoc, Selasa (22/8/2023), flek hitam dapat muncul kapan saja pada kulit. Namun, biasanya gangguan ini terlihat saat seseorang memasuki usia pertengahan. Flek hitam muncul akibat kelebihan produksi melanin pada kulit.

Ada beberapa faktor yang dapat memicu kondisi ini, salah satunya adalah paparan sinar matahari. Flek hitam sebenarnya tidak berbahaya untuk kesehatan, tetapi beberapa orang memilih untuk mengatasi flek hitam agar kulit terlihat lebih cerah.

Flek hitam yang tidak teratasi dengan baik dapat menyebabkan kulit terlihat kusam. Nah, untuk mencegah kondisi ini, kamu bisa menggunakan masker dengan bahan-bahan alami.

Berikut masker alami untuk menghilangkan flek hitam yang bisa kamu coba, yaitu:

1. Tomat

Paparan sinar matahari kerap menyebabkan munculnya flek hitam pada wajah. Nah, kini kamu bisa melindungi wajah dengan menggunakan masker alami yang terbuat dari tomat.

Buah ini mengandung likopen yang mampu melindungi dampak negatif paparan sinar matahari pada kulit. Selain itu, tomat juga mengandung berbagai vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan.

Untuk menggunakan bahan alami ini, kamu perlu memotong tipis-tipis atau menghancurkan tomat. Kemudian, oleskan atau letakkan potongan tipis pada area flek hitam. Diamkan beberapa saat. Kemudian, bersihkan menggunakan air. Kamu bisa mendapatkan kulit yang tampak cerah dan segar.

2. Kunyit

Bukan hanya berguna sebagai bumbu dapur, kunyit juga bisa kamu gunakan sebagai masker untuk menghilangkan flek hitam. Hal ini berkat kandungan kurkumin yang berfungsi sebagai antioksidan dengan efek anti melanogenik.

Penggunaan masker alami kunyit secara rutin mampu memudarkan flek hitam yang sudah ada serta mencegah munculnya flek hitam yang baru. Kamu bisa mencampurkan bubuk kunyit dengan madu dan mengoleskannya pada wajah.

Penggunaan masker alami ini secara rutin mampu membuat kulit menjadi lebih cerah. Hal ini terdapat dalam sebuah penelitian dalam jurnal Are Natural Ingredients Effective in the Management of Hyperpigmentation? A Systematic Review, yang dipublikasikan oleh The Journal of Clinical and Aesthetic Dermatology.

Dalam penelitian tersebut mengatakan bahwa studi split face pada wanita asia membandingkan formulasi krim ekstrak kunyit. Hasilnya, formulasi tersebut mampu memperbaiki area yang mengalami hiperpigmentasi sebesar 14,16 persen dalam waktu empat minggu.

3. Pepaya

Buah ini terkenal karena kandungan seratnya yang sangat tinggi. Selain itu, buah ini juga mengandung asam alfa hidroksi (AHA) yang berfungsi sebagai eksfoliasi alami pada kulit.

Penggunaan masker pepaya secara rutin mampu mengelupaskan sel-sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah. Selain itu, warna flek hitam juga akan memudar.

4. Mentimun

Mentimun memiliki kandungan antioksidan dan vitamin yang mampu mengurangi warna pada flek hitam. Cara menghilangkan flek hitam di wajah menggunakan mentimun memang tidak langsung dapat kamu lihat hasilnya.

Untuk itu, pemakaian yang rutin dan teratur perlu kamu lakukan agar manfaatnya bisa kamu rasakan secara maksimal. Untuk menggunakan masker mentimun, kamu bisa menghancurkan mentimun dan mengoleskannya pada wajah. Setelah kering, bersihkan masker yang kamu gunakan. Jangan lupa untuk selalu gunakan pelembap agar kulit tetap terhidrasi dengan baik.

5. Lidah buaya

Lidah buaya mampu membuat kulit terhidrasi dengan baik sehingga kelembapan kulit terjaga. Kamu bisa mengoleskan daging lidah buaya pada bagian kulit yang memiliki flek hitam. Setelah kering, bersihkan menggunakan air. Pemakaian masker lidah buaya secara rutin dan teratur mampu membantu kamu mencerahkan warna kulit.

Komentar